Galeri Tanaman Puring: Mengenal Jenis, Keunikan, Habitat, Manfaat, dan Cara Merawat

Tahukah kamu, kalau ada tanaman hias yang biasanya dapat dijumpai di area pemakaman? Mungkin kamu juga mempunyai tanaman ini di rumah tapi tidak menyadarinya. Puring, merupakan tanaman hias yang banyak disukai oleh masyarakat. Adanya tanaman puring di area pemakaman menandakan bahwa makam tersebut cukup tua atau sudah ada sejak lama. Tanaman puring (Codiaeum Variegatum) atau yang biasa dikenal sebagai kroton, merupakan tanaman berbentuk perdu atau semak yang memiliki tinggi mencapai 4 meter. Selain itu, puring memiliki batang yang berbentuk bulat keras dan bercabang, serta bentuk daunnya yang berbeda membuat puring memiliki beragam jenis. Keunikan yang dimiliki oleh tanaman puring menjadikan daya tarik tersendiri bagi masyarakat untuk membelinya. Mari simak penjelasan berikut, agar kamu mengetahui ragam jenis puring hingga cara perawatan yang sesuai.

Ragam Jenis Tanaman Puring

  1. Puring dasi
Source : Tokopedia

Puring ini memiliki bentuk yang mirip dengan dasi kupu-kupu, yaitu daunnya yang pendek dan lancip pada bagian atas. Selain itu, perpaduan warna yang dimiliki adalah merah, hijau, dan kuning.

  1. Puring emping
Source : Tokopedia

Puring emping memiliki daun yang berukuran kecil dan tebal, serta bentuknya yang agak bulat bergelombang. Kuning dan hijau adalah perpaduan warna daun yang dihasilkan oleh puring ini.

  1. Puring kura-kura
Sumber : Blibli

Nama dari puring kura-kura berasal dari corak daunnya yang agak berkerut dan bertekstur, yang sangat mirip dengan tempurung kura-kura. Puring jenis ini memiliki gradiasi warna kuning, hijau, dan merah.

  1. Puring apel
Sumber : Tokopedia

Puring apel memiliki daun yang berukuran besar dan lebar seperti bentuk apel. Secara sekilas, puring ini terlihat seperti apel karena perpaduan warna merah, kuning, dan hijau yang dimiliki daunnya.

  1. Puring jari
Sumber : Tokopedia

Bentuk daunnya yang memanjang dan bercabang seperti jari manusia, membuat tanaman ini dinamakan puring jari. Sayangnya puring ini hanya memiliki dua perpaduan warna saja yaitu, kuning dan hijau.

  1. Puring bor
Sumber : Tokopedia

Dinamakan puring bor karena memiliki bentuk daun yang tidak lurus dan melintir, mirip seperti dengan bor. Perpaduan warnanya pun beragam daripada puring lainnya, seperti hitam, kuning emas, dan merah.

  1. Puring jet
Sumber : Tokopedia

Puring jet memiliki daun berlobus 3 (tri-lobed) yang berbentuk seperti pesawat. Terdapat warna jingga, hijau, kuning, hingga burgundy.

  1. Puring teri
Sumber : PlanStory

Puring teri hampir sama bentuknya dengan puring jari, namun bentuk daunnya kecil-kecil dan memanjang. Perpaduan warnanya pun cukup menyegarkan mata dengan warna kuning dan hijau.

  1. Puring timun
Sumber : Tokopedia

Berbeda dengan puring lainnya, ujung daun puring timun berbentuk bulat seperti timun. Warnanya pun sama seperti timun, perpaduan hijau dan kuning dengan adanya bintik dari kedua warna tersebut.

Keunikan dan Habitat Tanaman Puring

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa tanaman ini memiliki beberapa keunikan yang dapat memikat para pelanggan untuk membeli dan menanamnya di rumah. Puring memiliki bentuk daun dan corak yang berbeda untuk tiap jenisnya, sehingga hal ini dapat mempengaruhi nilai jual puring. Berbicara mengenai daun, tanaman ini juga memiliki variasi warna daun yang berbeda pada tiap jenisnya mulai dari perpaduan warna hijau, kuning, merah, ungu, hingga coklat. Tidak hanya itu, tanaman hias ini ternyata bisa digunakan sebagai obat dengan menggunakan bagian tertentu, yang harus diolah secara benar agar tidak menimbulkan efek samping. Tanaman puring sendiri merupakan tanaman yang berasal dari daerah yang memiliki iklim tropis dan sub tropis. Puring dapat dijumpai di Asia Tenggara, Asia Pasifik, sampai Australia. Karena tanaman ini tumbuh di iklim tropis, tentunya membutuhkan cahaya matahari yang cukup serta suhu udara yang harus diperhatikan.

Manfaat Tanaman Puring bagi Kesehatan

Tanaman puring memiliki peran yang sama seperti tanaman hias lainnya. Dipercaya mampu untuk membersihkan udara dan membawa energi positif yang bisa membantu mengurangi stress. Tak hanya berperan sebagai tanaman hias yang dapat mempercantik rumah kamu, tanaman puring juga memiliki manfaat untuk kesehatan. Dengan menggunakan daun ataupun ranting dari beberapa jenis tanaman puring. Adapun manfaatnya untuk kesehatan adalah:

  1. Meredakan sakit perut

Daun puring muda dapat digunakan sebagai obat untuk mengurangi rasa sakit pada perut. Petik beberapa lembar daun puring muda lalu cuci bersih. Kemudian balurkan daun puring muda yang telah ditumbuk halus pada bagian perut yang terasa sakit. Jika kamu bingung untuk memastikan daun puring muda, perhatikan warna yang masih terlihat pudar dan teksturnya yang lembek.

  1. Mengobati cacingan dan menambah nafsu makan

Ranting muda dapat digunakan untuk mengobati cacingan yang mana dapat mempengaruhi nafsu makan. Caranya adalah dengan merebus ranting muda yang telah diambil dan dicuci bersih, lalu meminum air rebusan tersebut.

  1. Memudahkan tubuh untuk berkeringat

Dengan meminum rebusan daun puring muda secara teratur, dapat membantu keringat untuk keluar secara alami. Keringat yang keluar dari dalam tubuh merupakan tanda keluarnya racun. Namun jangan lupa untuk mencuci bersih terlebih dahulu sebelum merebus daunnya.

Cara Merawat

Perawatan tanaman puring bisa dibilang cukup mudah jika kamu memperhatikan beberapa hal ini dengan benar:

  1. Siram tanaman puring 2 kali sehari pada pagi dan sore hari. Perhatikan cuaca terlebih dahulu, jika pada musim kemarau, lakukan sebanyak 2 kali sehari. Sedangkan saat musim hujan, lakukan 1 kali sehari pada pagi atau sore hari.
  2. Berikan pupuk yang digunakan untuk tanaman hias setiap 2 bulan sekali. Pemberian pupuk akan memberikan kesan cerah pada daun tanaman, juga membuat puring menjadi lebih subur.
  3. Pemangkasan dilakukan saat tanaman sudah terlihat lebat. Pangkas bagian ranting dan daun supaya memberikan kesan rapi dan indah.
  4. Mengurangi hama yang mengganggu tanaman puring. Berikan insektisida setiap 2 minggu sekali secara berkala.

Menarik sekali ya pembahasan mengenai tanaman puring kali ini. Jadi kamu ingin beli tanaman puring jenis apa nih? Setelah beli, jangan lupa merawatnya dengan benar ya. Supaya nanti rumahmu bisa terlihat lebih indah dan cantik dengan kehadiran tanaman puring. Ingin mendapatkan informasi menarik lainnya seputar tanaman dan taman? Yuk kunjungi instagram @okegarden, supaya kamu mendapatkan informasi baru terkait tanaman dan taman!