Panduan Cahaya yang Tepat untuk Tanaman Anda

Udara yang semakain buruk diluar membuat ini menjadi waktu yang tepat untuk menata tanaman ke dalam rumah, tetapi tahukah Anda bahwa salah satu faktor utama yang perlu dipertimbangkan adalah jumlah cahaya yang diterima oleh rumah Anda? Ketika Anda memilih tanaman, penting untuk memahami persyaratan kebutuhan cahaya mereka. Tidak perlu bingung, karena tulisan ini khusus dirancang untuk membantu Anda membuat keputusan yang tepat dalam memilih tanaman yang cocok untuk rumah Anda. Kami akan membantu Anda mengidentifikasi jenis cahaya yang masuk ke dalam rumah Anda, memahami istilah seperti cahaya langsung dan cahaya tidak langsung, serta memberikan saran tentang tanaman yang cocok untuk setiap area di rumah Anda.

Cahaya Langsung vs. Cahaya Tidak Langsung

Satu hal yang perlu dipahami adalah perbedaan antara cahaya langsung dan cahaya tidak langsung. Cahaya langsung adalah sinar matahari yang masuk melalui jendela yang menghadap ke barat atau selatan. Ini adalah cahaya paling intens yang diterima oleh ruangan dalam rumah, dan akan mengekspos tanaman langsung ke sinar matahari. Meskipun sebagian besar tanaman hias dalam rumah tidak menyukai sinar matahari langsung, ada beberapa yang dapat menangani panasnya seperti Kaktus, Karet Kebo, dan Biola Cantik

Cahaya Tidak Langsung, Tapi Terang

Cahaya tidak langsung terang adalah cahaya yang tidak langsung tetapi tetap terang. Contohnya adalah area yang berada tepat di sebelah jendela yang menerima cahaya langsung dalam sehari, tetapi tidak lebih dari satu jam sehari sebelum terhalangi. Ini adalah kondisi ideal untuk tanaman dalam kategori ini.

Cahaya Sedang

Cahaya sedang diterima oleh area di dalam ruangan yang berjarak sekitar setengah jarak antara jendela dan dinding belakang. Tempat-tempat ini masih mendapatkan cahaya yang stabil dari jendela, tetapi bukan cahaya langsung. Cahaya ini ideal untuk banyak jenis tanaman Palem, Dracaena, Philodendron, dan tanaman dalam kategori cahaya sedang.

Cahaya Rendah

Cahaya rendah adalah area yang berjarak tujuh kaki atau lebih dari jendela dan dapat juga menjadi tempat yang sama sekali tidak menerima cahaya alami, seperti beberapa kantor dan kamar mandi. Beberapa tanaman mencintai cahaya rendah, dan banyak yang dapat beradaptasi dengannya. Meskipun tanaman cahaya rendah tumbuh lebih lambat daripada tanaman lainnya, tetap ada banyak pilihan yang tersedia. Kategori tanaman cahaya rendah adalah tempatnya tanaman dalam ruangan yang suka teduh.

Penerangan Buatan untuk Tanaman

Pertanyaan yang sering diajukan adalah apakah Anda dapat menggunakan penerangan buatan untuk tanaman Anda. Jawabannya adalah ya. Penerangan buatan adalah cahaya yang dihasilkan oleh lampu, terutama oleh lampu tumbuh. Lampu biasa dan lampu langit-langit tidak memberikan banyak cahaya untuk fotosintesis tanaman (meskipun mereka masih memberikan sesuatu!), jadi jika satu-satunya sumber cahaya adalah lampu biasa dan lampu langit-langit, Anda akan ingin memilih tanaman yang suka cahaya rendah. Namun, lampu tumbuh memberikan cahaya yang dapat dengan mudah diolah oleh tanaman untuk fotosintesis.

Memahami Cahaya dan Ruangan Anda

Tahukah Anda jenis cahaya apa yang ada di ruangan Anda? Cara cepat untuk mengetahuinya adalah dengan tes sederhana dengan tangan. Ambil selembar kertas atau permukaan datar lainnya dan letakkan tangan Anda sekitar 30 cm dari permukaan itu, antara tangan dan sumber cahaya. Jika Anda tidak melihat banyak bayangan atau bayangannya samar, Anda mendapatkan cahaya rendah. Jika Anda melihat bayangan tangan yang buram atau kabur, Anda mendapatkan cahaya sedang. Dalam cahaya terang, Anda akan melihat bayangan yang tajam dan jelas.

Mengetahui arah jendela Anda juga berguna dalam menentukan jenis cahaya yang Anda miliki:

Jendela Menghadap Utara



Jendela yang menghadap ke utara sebenarnya tidak menerima sinar matahari langsung pada setiap waktu (setidaknya di belahan bumi utara). Mereka menerima cahaya yang difus dan hangat secara konsisten. Tanaman yang cocok untuk Cahaya Sedang, seperti Dracena/Pandan Bali, Pachira Sansevieria, akan tumbuh dengan baik jika ditempatkan 1 meter atau lebih dari jendela menghadap utara.

Jendela Menghadap Selatan

Jendela yang menghadap ke selatan adalah yang paling istimewa dalam setiap ruangan karena menerima cahaya paling banyak sepanjang hari. Tanaman hampir selalu akan menyukai tempat ini, terutama tanaman dengan cahaya terang seperti Pisang-pisangan, palem Waregu, Palem komodoria, dan Kaktus Koboi

Perlu dicatat mengenai sinar matahari langsung: jendela selatan tanpa penghalang akan menerima sinar matahari langsung yang cukup banyak, dan sebagian besar tanaman tidak akan suka berada di bawah sinar matahari yang keras. Berhati-hatilah ketika menempatkan beberapa tanaman langsung di depan jendela yang menerima banyak sinar matahari langsung.

Jendela Menghadap Timur

Jendela yang menghadap ke timur menerima sinar matahari pagi (matahari terbit di timur). Cahaya pagi biasanya lembut, sehingga cocok untuk tanaman yang menyukai cahaya terang tidak langsung. Jika Anda dapat melihat matahari terbit dari jendela Anda, itu adalah jendela menghadap ke timur. Tanaman yang menyukai cahaya terang tidak langsung, seperti Ketapang Biola dan Monstera Deliciosa, adalah pilihan bagus untuk ditempatkan di dekat jendela menghadap ke timur.

Perlu dicatat mengenai sinar matahari langsung: sinar matahari pagi umumnya adalah cahaya yang hangat, dan sebagian besar tanaman akan menoleransi sinar matahari langsung dari jendela yang menghadap ke timur. Namun, jika Anda tinggal di tempat yang memiliki banyak sinar matahari (Anda beruntung!), perhatikan hal ini pada musim panas ketika matahari mungkin menjadi terlalu terik bagi tanaman yang sebaliknya menikmati berjemur sepanjang tahun.

Jendela Menghadap Barat

Pada tengah hari, matahari berada di langit dan siap untuk mulai menurunkan diri saat matahari terbenam di barat. Cahaya matahari akan menyinari jendela menghadap ke barat dari tengah siang hingga sore. Jika Anda dapat melihat matahari terbenam melalui jendela Anda pada sore hari, itu adalah jendela yang menghadap ke barat. Cahaya yang diterima oleh jendela yang menghadap ke barat sangat kuat, sehingga sebagian besar tanaman harus ditempatkan di luar area sinar matahari langsung. pachira dan philodendron akan mendapat manfaat dari cahaya tidak langsung dari arah ini, dan tanaman seperti Kaktus koboi dan sukulen adalah beberapa yang akan menoleransi sinar matahari langsung dari jendela menghadap ke barat.

Anda juga dapat menggunakan fitur geografis untuk menentukan arah jendela Anda, atau menggunakan kompas (meskipun tampak seperti pekerjaan berat, ini adalah alat yang sangat berguna dan nyaman!).

Pilih Tanaman Sesuai dengan Kebutuhan Cahaya Anda

Berdasarkan pengetahuan tentang berbagai jenis cahaya dan arah jendela Anda, Anda dapat memilih tanaman yang sesuai dengan kebutuhan cahaya Anda. Anda mungkin melihat beberapa tanaman yang masuk dalam beberapa daftar. Ini bukan kesalahan! Beberapa tanaman beruntung bisa tumbuh dalam berbagai tingkat cahaya yang tidak langsung. Pachira dan sansevieria adalah salah satu contoh.

Tanaman Terbaik untuk Cahaya Langsung

  • Pisang-pisangan
  • Palem Waregu
  • Kaktus Koboi

Tanaman Terbaik untuk Cahaya Terang Tidak Langsung

  • Ketapang Biola
  • Pandan Bali
  • Palem
  • Pisang-pisangan
  • Suji
  • Karet Kebo
  • Monstera Deliciosa
  • Sansevieria

Tanaman Terbaik untuk Cahaya Sedang

  • Pandan Bali
  • Sansevieria
  • Aglaonema
  • Sri Rejeki

Tanaman Terbaik untuk Cahaya Rendah

  • Palem Waregu
  • Song of Indina
  • Zee zee
  • Agalonema
  • Sansevieria

Selalu ingat bahwa tanaman juga dapat “diaklimatisasi” untuk tingkat cahaya yang berbeda, tetapi hati-hati untuk melakukannya selama beberapa minggu. Perubahan mendadak dalam tingkat cahaya dapat menyebabkan tanaman mengalami shock.

Tanda-tanda Anda Belum Menemukan Tempat yang Tepat Jika Anda melihat daun menguning atau menjatuhkan daun atau batang yang panjang dan tipis, ini mungkin menunjukkan bahwa

tanaman Anda membutuhkan lebih banyak cahaya. Mengganti posisi tanaman di ruangan, memindahkannya ke ruangan yang berbeda, atau menambahkan lampu di dekatnya mungkin akan membantu tanaman Anda.

Jika Anda melihat daun yang pucat atau area yang mengering dan gosong, ini bisa berarti tanaman Anda perlu sedikit jauh dari cahaya terlalu banyak atau sinar matahari langsung.

Pahami bahwa memahami cahaya dalam perawatan tanaman Anda adalah kunci untuk tanaman yang sehat dan bahagia. Dengan pemahaman ini, Anda dapat memilih tanaman yang sesuai dengan kondisi rumah Anda dan memberikan cahaya yang sesuai untuk tetap merawat tanaman Anda dengan baik.

Sumber: blog.leonandgeorge.com