7 Alat Efektif Untuk Merawat Taman, Nomor 5 Jarang Yang Tau!

Perawatan taman merupakan hal yang penting agar taman tetap terawat dan terlihat indah. Jika taman tidak dirawat, maka beberapa tanaman akan terlihat tidak terawat atau bahkan rusak karena alasan tertentu. Semakin jarang seseorang merawat taman, maka semakin besar usaha atau biaya yang diperlukan untuk merawat taman tersebut.

Tentunya, untuk menghemat biaya perawatan, semua orang dapat merawat taman mereka masing – masing dengan bantuan alat – alat yang dibuat khusus untuk memudahkan pekerjaan Anda dalam merawat taman. Mengetahui alat – alat yang dapat membantu Anda dalam merawat taman itu sangatlah penting mengingat bahwa setiap alat didesain dengan fungsi khusus dan spesifik. Dengan memperluas pengetahuan tentang alat – alat ini, maka Anda tidak akan menghadapi kebingungan dalam memilih Alat untuk perawatan taman secara spesifik. Maka dari itu, kami akan menjelaskan tentang 7 Alat kebun yang dapat membantu Anda dalam memperindah taman.

1. Garpu Taman

Seringkali terdapat daun – daun kering berjatuhan di area taman. Memungut dan membersihkan daun tersebut tentunya sangat menguras energi jika dilakukan dengan tangan. Untuk itu, alat kebun ini sangat berguna untuk mengumpulkan daun – daun kering ke satu titik sebelum dimasukkan ke karung untuk dibuang atau diolah lagi menjadi kompos.

2. Sarung Tangan Kebun

Merawat taman merupakan kegiatan hands-on, artinya kita harus siap sedia dalam terlibat langsung. Dalam terlibat langsung, tangan kita akan sering menyentuh tanah, daun, batang yang tidak hanya kotor, tapi juga dapat melukai tangan kita. Untuk melindungi tangan dari residu tanah atau hal tajam lainnya, maka Anda harus menggunakan sarung tangan setiap saat.

3. Sekop

Terkadang, Anda perlu membuat lubang di tanah untuk menanam tanaman baru, atau mengganti tanaman yang rusak. Dalam kegiatan tersebut, anda memerlukan alat kebun yang satu ini. Bukan hanya itu, sekop juga dapat digunakan untuk memindahkan material tanah dalam jumlah yang sedikit.

4. Selang Air

Seperti yang kita ketahui, tanaman yang ada di taman anda memerlukan air untuk bertahan hidup. Mungkin air ini bisa didapatkan dari hujan atau penyiram tanaman otomatis. Namun, penyiram tanaman otomatis bukan merupakan pilihan yang ekonomis walaupun sangat efisien untuk menghemat banyak waktu. Jika anda ingin pilihan yang lebih ekonomis, maka sangat disarankan untuk menyiram tanaman dengan selang air dengan sentuhan Old style.

5. PH Meter Tanah

Tanaman memiliki toleransi yang berbeda dalam hal PH tanah. Alat Kebun Pengukur PH tanah dapat digunakan untuk memastikan bahwa tanaman anda memang dapat hidup secara layak di taman anda. Sangat disarankan untuk melakukan research terlebih dahulu tentang tanaman yang akan anda tanam dan mencocokkannya dengan PH tanah di taman anda.

6. Semprotan Anti Hama

Hama merupakan salah satu masalah yang sering dihadapi para pecinta tanaman. Keberadaan hama memiliki dampak yang destruktif bagi tanaman kesayangan Anda. Untuk mengatasi itu, maka sangat disarankan untuk membeli cairan anti hama dan jangan lupa juga untuk membeli semprotan anti hama untuk mempermudah penyebaran cairan anti hama.

7. Gunting Tanaman

Alat kebun ini sangat berperan besar dalam hal estetika taman. Para tukang kebun biasanya menggunakan gunting taman untuk membuat bentuk – bentuk tertentu pada tanaman. Selain itu, Anda juga dapat memotong ranting dan daun yang sudah mati menggunakan gunting tanaman.

Masih banyak alat yang dapat digunakan untuk merawat tanaman yang tentunya sangat berbeda dari apa yang sudah dikenalkan di atas. Namun, jika Anda memiliki taman yang cukup kecil, mungkin beberapa alat kebun di atas hanya perlu anda gunakan sekali dalam satu bulan. Sangat tidak efektif kan untuk membeli semua alat perawatan taman yang ada? Apalagi jika Anda memiliki waktu yang terbatas untuk membersihkan taman anda.

Kebetulan banget nih, di OKE Garden, ada jasa Garden Care yang dimana taman kamu akan dirawat oleh para profesional mulai dari perawatan semut putih, pemangkasan, pemberian pupuk, dan masih banyak lagi. Kamu tinggal duduk manis dan menikmati hasil dari jasa Garden Care yang kami berikan. Menarik bukan? Klik disini untuk pesan perawatan taman atau hubungi OKE Garden di sosial media seperti instagram @okegarden atau kontak lainnya untuk memesan jasa kami ya!

Baca Juga: 6 Rekomendasi Tanaman Hias Murah dan Aesthetic