5 Fakta Unik Konsep Taman Ala Jepang, Bisa untuk Rumah Minimalis!

Punya taman rumah memang jadi impian bagi semua orang. Pasalnya, keberadaan taman juga sangat baik untuk memberikan efek kesegaran bagi hunianmu sekaligus menambah keindahan estetika bangunan di dalamnya. 

Kali ini Minok ingin menyajikan tentang keunikan dari konsep taman ala Jepang yang bisa menjadi inspirasi untuk taman impianmu. Nah, salah satu model taman yang paling populer adalah taman ala jepang. Kok bisa? Karena desain taman jepang dibuat sederhana, namun tampak elegan. Selain itu, elemen hardscape (keras) dan softscapenya pun berbeda dibandingkan taman lainnya.

Menurut sejarah, konsep taman ini dibuat oleh penguasa Jepang untuk menemukan ketenangan dalam menghadapi badai perselisihan di zaman perang saat itu. Pantas saja ya, taman kering yang satu ini dapat dijadikan sebagai ruang meditasi sekaligus refleksi diri. 

Nah, buat kamu yang punya rencana bikin taman jepang, yuk intip 5 fakta unik konsep taman jepang yang belum kamu ketahui. Pastinya akan selaras dengan rumah modern minimalis kamu. 

1. Konsep Unik

Doc. OKE Garden

Enaknya punya taman ala jepang di depan rumah karena konsepnya yang unik dan berbeda dari taman lain. Desain taman jepang sendiri lebih menonjolkan keindahan alam dan fungsinya, lengkap dengan elemen di dalamnya yang dibuat sederhana, namun tetap elegan. 

2. Tempat untuk refleksi diri 

Doc. OKE Garden

Hadirnya taman jepang di rumah sangat bermanfaat sebagai ruang meditasi dan refleksi diri loh. Selain itu, area taman yang sejuk bisa kamu gunakan untuk bersantai atau ngobrol sambil ditemani minuman favoritmu.

3. Tidak menggunakan warna cerah atau mencolok

Doc. OKE Garden

Ciri khas taman jepang sendiri terdapat pada warna tamannya. Salah satunya, tidak menggunakan elemen taman dengan warna yang mencolok atau cerah. Kamu bisa gunakan warna yang lebih kalem seperti hijau monokromatik sebagai warna utama. 

Baca juga: Taman Kering: Perawatan Minimal, Kepuasan Maksimal

4. Tambah cantik dengan elemen hiasan 

Doc. OKE Garden

Salah satu elemen penting dalam taman jepang adalah hadirnya ornamen hias. Kamu bisa juga menambahkan stepping stone sebagai pelengkap taman jepang, tentunya makin cantik dan ciamik banget. Hal ini menjadikannya sebagai daya tarik utama taman ala jepang estetik. 

5. Memahami konsep taman jepang 

Doc. OKE Garden

Sebelum membuat desain, alangkah baiknya kamu perlu memahami konsep dasar dari taman jepang sendiri. Ciri khas konsepnya sendiri adalah taman batu. Taman jepang sangat identik dengan elemen bebatuan alam, seperti batu kali hias dan batu kerikil putih. Selain itu, tanaman utamanya pun dihiasi oleh jenis bonsai seperti Cemara Udang atau Beringin Korea.  

Ngomongin soal taman jepang emang enggak ada habisnya ya. Garden people mau punya taman ala jepang kaya gini juga? Bisa banget, ada promo KURMA spesial hingga 40% khusus di bulan Ramadhan hanya untukmu! Yuk, Bikin taman impianmu sekarang dan nikmati semua layanan pertamanan terbaik hanya di OKE Garden.