Ini Bahaya Jika Tidak Merawat Tanaman Rumah!

Perawatan tanaman di rumah merupakan hal yang harus dilakukan bagi setiap pemilik tanaman. Bukan hanya keindahan tanaman saja yang harus dinikmati, tapi proses untuk mendapatkan keindahan tersebut juga harus ditekuni dengan giat karena pada dasarnya, tanaman merupakan organisme yang memerlukan nutrisi dan perawatan agar dapat bertahan hidup. Jika tanaman memiliki perawatan yang baik dan maksimal, maka ada potensi dimana tanaman tersebut dapat hidup lebih lama dari tanaman liar yang tidak diurus dan tidak mempunyai pemilik.

Perawatan tanaman juga merupakan salah satu bentuk tanggungjawab dan komitmen yang harus dimiliki setiap pecinta dan pemilik tanaman karena memiliki tanaman bukan hanya sekedar hobi, tapi suatu tugas yang harus dilaksanakan secara serius dan penuh komitmen. Tanaman yang tidak terawat tentunya akan menampilkan ciri – ciri yang mengindikasikan keterlantaran dari pemiliknya. Selain itu, tanaman tersebut juga berpotensi untuk membawa bahaya untuk para penghuni rumah, lho!

Menjadi Sarang Nyamuk DBD

Suyasa et.al, (2008) melakukan penelitian yang bertujuan untuk mendalami pengaruh – pengaruh penyebaran nyamuk DBD. Ia menemukan bahwa kebanyakan koresponden memiliki pot tanaman hias dan ada suatu relasi antara keberadaan vektor DBD dengan keberadaan pot tanaman hias. Didapatkan bahwa pot tanaman hias tersebut memiliki genangan air yang menjadi tempat berkembang biak nyamuk DBD. Jika Anda memiliki pot di dalam rumah, pastikan bahwa tidak ada genangan air disekitar atau di dalam pot untuk menghindari potensi nyamuk DBD berkembang biak di pot Anda. 

Menjadi Sarang Tungau Laba – Laba Merah

Menurut kompas.com, tungau laba – laba merah sering bersarang di tanaman yang penuh dengan debu. Jika Anda memiliki tanaman yang jarang disiram atau dibersihkan dari debu, maka tanaman Anda akan berpotensi diserang oleh tungau laba – laba merah. Dilansir dari website repository UB, tungau laba – laba merah adalah jenis tungau yang dapat menyebabkan kematian pada tanaman inangnya. Jadi, para pemilik tanaman harus membersihkan batang dan daun dari tanaman mereka dari debu jika tidak ingin tanamannya diambil alih oleh tungau yang mematikan ini.

Mudah Diserang Serangga

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Wijaya, et.al (2018), serangga lalat dapat memasukan telur melalui ovipositornya ke dalam buah. Setelah telur menetas, larva lalat pun mengeluarkan enzim yang dapat melunakkan daging buah hingga busuk. Buah jeruk yang sudah terkontaminasi pun akhirnya membusuk dan jatuh, menyebarkan bau yang asam. Hal ini bisa saja terjadi pada tanaman lain, jika tanaman anda tidak disemprot oleh pestisida, maka lalat dapat menginfeksi buah dari tanaman anda dan membuatnya rusak. Salah satu cara merawat tanaman adalah menyiram tanaman dengan pestisida. 

Tentunya merawat tanaman bukan merupakan hal yang mudah karena membutuhkan waktu dan energi yang tidak sedikit. Anda bisa menyerahkan hal tersebut kepada ahlinya. Di OKE Garden, kami melayani berbagai macam keperluan pertamanan anda, mulai dari pembuatan taman hingga perawatan taman dan tanaman. Jangan khawatir karena tanaman dan taman Anda akan dirawat dengan sepenuh hati oleh para profesional yang sudah berkecimpung di bidang terkait dalam waktu yang lama. Kunjungi instagram kami @okegarden untuk info lebih lanjut!