Blue Beetle: Superhero Penyelamat Petani Indonesia!

Penantian panjang berbuah manis! Sempat tak terdengar kabar, penggemar DC merasa senang pasalnya kini Warner Bros. Pictures telah merilis trailer perdana Blue Beetle di kanal YouTube DC pada 3 April 2023. Hal ini menandakan pertama kalinya pahlawan super DC tersebut siap beraksi di layar lebar.

Film Blue Beetle disutradarai oleh Angel Manuel Soto, dalam trailer diperlihatkan betapa kerennya kostum dan juga aksi dan sang superhero muda Jaime Reyes yang diperankan oleh Xolo Mariduena. 

Gareth Dunnet-Alcocer terlibat sebagai penulis skenario, John Rickard dan Zev Foreman sebagai produser. Walter Hamada, Galen Vaisman, dan Garrett Grant menjabat sebagai produser eksekutif.

Sinopsis Blue Beetle

Mengutip dari laman resmi DC, Blue Beetle berkisah tentang Jaime seorang pemuda berasal dari El Paso, Texas, yang kembali ke rumah setelah lulus dari perguruan tinggi dan mempunyai harapan tentang masa depannya yang cerah.

Saat di perjalanan menuju rumahnya, ia tiba-tiba dititipkan oleh sebuah peninggalan kuno Scarab. Tidak disangka, benda tersebut malah memilih Jaime untuk menjadi wadah inangnya. 

Jaime lantas mendapatkan kostum zirah yang bisa memberikannya superpower yang tak dia duga. Takdir ini mengubah dirinya untuk menjadi pahlawan super ‘Blue Beetle’. 

Superhero Blue Beetle versi Jaime kali ini jelas memberikan gambaran transformasi exoskeleton armor yang memiliki berbagai kekuatan super, mulai dari terbang, mengeluarkan sayap, serta menciptakan berbagai senjata sesuai imajinasi Jaime misalnya seperti pedang raksasa. 
Trailer juga menampilkan sekilas penampilan dari para villain, yakni Victoria Kord yang sangat menginginkan Blue Scarab dan sosok Carapax the Indestructible Man yang punya aura mengintimidasi.

Blue Beetle Dunia Nyata

Peran Blue Beetle di film tidak jauh berbeda dengan apa yang ada di dunia nyata. Di kehidupan nyata Blue Beetle berani membasmi para penjahat yang kerap mengganggu dan meresahkan kehidupan masyarakat, terutama bagi para petani kopi & kakao di Indonesia. 

Lho kok bisa? Memangnya villain Blue Beetle di dunia nyata siapa? Terus cara berantemnya gimana? Apa perlu pakai pedang dan baju dan exoskeleton armor? 

Begini, selain akan berhadapan dengan beberapa villain yang ada di film, di dunia nyata Blue Beetle atau dikenal sebagai kumbang biru Curinus coeruleus adalah musuh alami dari hama kutu loncat Heteropsylla cubana. 

Kumbang Biru Curinus coeruleus
source: bugguide.net

Hal ini terjadi pada 1986 lebih tepatnya di daerah Ciawi, Bogor, banyak laporan mengenai tanaman lamtoro di Indonesia terserang hama kutu loncat Heteropsylla cubana. Kala itu, tanaman lamtoro rusak, dedaunan gundul, pucuk-pucuk daun layu sampai kering sehingga menghambat pertumbuhan tanaman.

 

Kutu loncat Heteropsylla cubana
Source: OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Perlu diketahui, tanaman Lamtoro adalah elemen penting bagi petani perkebunan kopi dan kakao karena sebagai tempat pelindung tanaman yang peka terhadap sinar matahari langsung apalagi di daerah yang punya musim kering yang terik, lamtoro juga berfungsi sebagai pencegah erosi, penahan angin, membantu memulihkan kesuburan tanah, serta menjaga kelembaban tanah. 

Akibat dari aksi kejahatan Heteropsylla cubana itu otomatis akan memengaruhi penurunan kualitas ukuran dan produksi biji kopi dan kakao. Oleh karenanya, untuk menjaga kestabilan ekosistem akibat serangan kutu yang ganas perlu sebuah strategi cerdas untuk  memecahkan masalah ini. 

Pemerintah Indonesia pun membentuk Tim Kerja Nasional Penanggulangan Hama Kutu Loncat Lamtoro (TKN-PHKLL). Inti kerja pengendalian ini adalah dengan menggunakan predator alami untuk melawan aksi jahat dari kutu loncat lamtoro. 

Maka didatangkan langsung dari Hawaii kumbang biru C. coeruleus, si kumbang predator sebagai musuh alami kutu loncat sebagai kunci utama pengendalian hayati yang efektif. 

Tidak tanggung-tanggung, Indonesia langsung mendatangkan pahlawan super kumbang biru Curinus coeruleus yang memiliki bentuk tubuh bulat berwarna biru tua metalik ini sebanyak 8.300 ekor. 

Sejak didatangkan pada Agustus 1986, secara bertahap pelepasan kumbang predator kumbang biru Curinus coeruleus di lapangan pun berhasil menekan dan melawan populasi hama kutu loncat. 

Lalu keberadaan pahlawan super ini mampu menyelamatkan tanaman lamtoro serta menyelamatkan kesejahteraan petani kopi dan kakao di Indonesia. 

Berbeda dengan yang ada di Indonesia, tampaknya di film nanti akan menghadirkan genre aksi komedi yang dibalut juga drama keluarga. Hal tersebut nyata disuguhkan dalam cuplikan trailer yang mana kehadiran keluarga Jaime yang selalu ada mendampinginya dalam berbagai kesempatan, termasuk saat dia sedang membuka kotak ‘Big Belly Burger’ yang berisi Blue Scarab di rumahnya.

Jadwal Penayangan

Selain Xolo Maridueña sebagai pemeran utama, terdapat jajaran pemain lainnya yaitu Adriana Barraza (Nana), Damían Alcázar (Alberto Reyes),  Elpidia Carrillo (Rocio Reyes), Bruna Marquezine (Jenny Kor); Raoul Max Trujillo (Conrad Carapax.), peraih piala Oscar Susan Sarandon (Victoria Kord), dan George Lopez (Uncle Rudy Reyes).

Blue Beetle akan tayang di bioskop secara internasional pada bulan Agustus 2023 dan di Amerika Utara pada 18 Agustus 2023 mendatang. 
Tapi sangat disayangkan kan kalau hanya kamu yang baca info yang insightful ini, yuk langsung share info menarik dan seru ini ke keluarga, pacar, atau teman terdekat kamu ya!