5 Kesalahan yang Harus Kamu Hindari Saat Membuat Taman di Rumah

Menghilangkan rasa jenuh yang melanda di masa pandemi dengan melihat pemandangan seperti hutan atau gunung memang sulit. Solusi paling mudah untuk menyiasati persoalan ini bisa dilakukan dengan menghadirkan taman di rumah. 

Namun, mengubah lahan menjadi sebuah taman bukanlah perkara yang mudah. Kira-kira kesalahan apa aja ya yang harus dihindari saat membuat taman di rumah? Simak selengkapnya berikut ini, ya!

1. Area yang tidak tepat

Doc. Pinterest

Jangan sembarang membuat taman apalagi tanpa melihat area yang tepat, seperti meletakkan tanaman di tempat yang tidak terpapar sinar matahari. Hal ini akan menghambat tumbuh kembang tanaman. Solusinya adalah pastikan tanaman kamu di rumah mendapatkan air dan sinar matahari yang cukup.

2. Ornamen terlalu berlebihan

Doc. Pinterest

Kesalahan saat membuat taman terlalu banyak menempatkan barang-barang dekoratif di taman. Pemasangan ornamen yang berlebihan justru akan membuat ornamen kehilangan fungsi sebagai pusat perhatian dari keindahan taman.  Solusi yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah ini, yakni mencoba menyesuaikan ornamen dengan desain dan material taman yang digunakan.

3, Tidak memiliki konsep taman yang jelas

Doc. Pinterest

Kesalahan lain saat membuat taman adalah hindari menanam dan meletakkan tanaman tanpa konsep yang jelas. Mungkin kamu pernah mengalami hal yang sama seperti ini di rumah ya. Sebaiknya, sebelum kamu membuat taman di rumah lakukan perencanaan untuk menentukan konsep taman dan membeli tanaman agar sesuai dari segi desain ataupun budget.

Baca Juga: 6 Elemen Ini Bisa Mempercantik Taman Minimalis di Rumah

4. Tidak mempersiapkan lahan

Doc. OKE Garden

Tidak semua tanah bisa dijadikan media yang baik untuk tanaman loh. Ada baiknya sebelum kamu membuat taman di rumah pastikan untuk mempersiapkan lahan siap tanam terlebih dahulu agar proses pembuatan taman bisa lebih optimal dan hasilnya tidak mengecewakan. Pastikan kamu juga sudah melakukan konsultasi dengan desainer lanskap untuk menentukan konsep taman impianmu di rumah.

5. Terlalu banyak air

Doc. Pinterest

Terlalu banyak air dapat menyebabkan akar tanaman membusuk sehingga menggagalkan desain taman idaman. Mulai sekarang kamu perlu memperhatikan sistem perairan di taman dan intensitas hujan yang bisa menerpa tanaman. Kemudian jadwalkan penyiraman secara manual dengan begini kondisi tanah pada tamanmu tetap stabil dan tanaman pun tumbuh subur.

Baca Juga: Yuk, Bikin Taman #KURMA 4.40% Kumpul Ramadan Makin Asri

Kamu masih kesulitan atur waktu buat ngurus taman? Berlangganan OKE Garden aja dulu! Karena kami punya Garden Care yang akan memberikan perhatian ekstra untuk kebutuhan tamanmu yang lebih OKE! Tunggu apalagi, hubungi Minok sekarang!